4 Manfaat Tersembunyi dari Berkebun

Tinggal di kota-kota besar yang sangat banyak gedung-gedung yang tinggi menjulang dan keadaan rumah-rumah di perumahan besar yang minim lahan kosong membuat jarang sekali atau sangat dikit sekali adanya taman atau kebun di lingkungan rumah. Padahal, dengan adanya lahan kosong yang bisa dijadikan sebagai kebun atau taman ini bisa digunakan untuk menanam beberapa jenis tanaman hijau atau berbagai jenis tanaman hias seperti bunga atau jenis tanaman yang lainnya. Tak hanya membuat rumah Anda menjadi cantik dan meningkatkan kualitas udara di dalam rumah saja, tetapi ternyata ada banyak manfaat tersembunyi yang bisa didapatkan jika ada kebun atau taman di dalam rumah. Jika Anda ingin mendapatkan beberapa manfaatnya, Anda juga bisa meminta bantuan dari Tukang Taman Jakarta untuk menciptakan taman yang indah di rumah Anda.

Tukang Taman Sejasa

  1. Menurunkan Berat Badan

Tak hanya dengan berolah raga saja untuk bisa membakar kalori dan menurunkan berat badan tubuh Anda. Dengan melakukan aktivitas fisik seperti berkebun juga bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Berdasarkan sebuah penelitian, dengan berkebun Anda bisa menurunkan berat badan sekitar lima sampai tujuh kilogram. Dengan beraktivitas dan mengurus tanaman yang ditanam di taman, kebun, atau pot memiliki berat badan yang ideal dengan tinggi badan dibandingkan mereka yang tidak suka berkebun. Karena itu, lakukanlah dengan rutin aktivitas fisik seperti berkebun dan mengurusi tanaman seperti menyiram, memotong ujung daun, dan memupukinya. Selain merawat tanaman, Anda juga bisa sekaligus menurunkan berat badan.

  1. Turunnya Risiko Penyakit Jantung

Tak hanya sekadar menurunkan berat badan saja, berkebun juga ternyata bisa menurunkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Biasanya risiko penyakit jantung bisa diturunkan dengan berbagai macam aktivitas kardio, sedangkan berkebun bukanlah salah satu dari aktivitas kardio. Meksipun begitu, berdasarkan sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa dengan melakukan aktivitas berkebun bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit yang berhubungan dengan penyakit jantung dan juga stroke sampai dengan sekitar 30 persen.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Secara fisik, melakukan berbagai macam aktivitas berkebun seperti merapikan tanaman, bersentuhan langsung dengan tanah memanglah kotor dan secara tidak disadari terdapat banyak kuman dan bakteri. Namun, tanpa Anda ketahui, ternyata bakteri di dalam tanah itulah yang malah meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hal tersebutlah yang membuat tubuh Anda jadi tidak mudah jatuh sakit dan terserang berbagai macam bakteri atau virus penyebab penyakit. Lagi-lagi, ini merupakan hasil dari sebuah jurnal penelitian di bidang kesehatan. Selain itu, penelitian dari Denmark juga mengatakan bahwa aktivitas berkebun ini bisa mencegah terjadinya alergi dalam tubuh kita.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Jika dari tadi berbicara mengenai kesehatan fisik, namun ternyata berkebun juga menyimpan kegunaan bagi kesehatan otak juga. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian dari lembaga yang berkaitan erat dengan penyakit Alzheimer yang mengatakan bahwa dengan berkebun atau mengurusi taman bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer hingga 50 persen. Selain itu, dengan berkebun juga bisa meningkatkan volume otak dan melindungi kesehatan pikiran dan dari sisi kecerdasan. Karena manfaatnya yang satu ini, aktivitas berkebun sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin bagi para manusia yang lanjut usia agar terhindar dari penyakit Alzheimer. Tak hanya itu, aktivitas fisik yang dilakukan juga bisa meningkatkan kebugaran di usia senja.


About admin

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *