Cara Mudah Mengatasi Cacar Air Pada Anak

Cacar air pada anak merupakan kekhawatiran bagi para orang tua. Anak rewel sedikit saja sudah membuat cemas, apalagi saat anak terkena cacar air. Cacar air yang disebabkan virus varicella-zoster adalah salah satu jenis virus herpes. Cacar air yang dialami anak-anak ini biasanya dialami ketika si kecil berusia di bawah 10 tahun.

Cacar Air Pada Anak

Benar jika cacar air ini bisa sembuh dengan mengandalkan perawatan di rumah. Hal ini karena pada infeksi tersebut sistem imunitas tubuh akan menghasilkan protein yang kemudian berperan sebagai antibodi yang akan melawan virus penyebab infeksi. Kendati demikian, Anda tentu tidak tega melihat tubuh si kecil dipenuhi cacar air. Apalagi pada kondisi ini anak akan sering merasa gatal-gatal.

Berikut adalah cara mengatasi cacar air pada anak yang perlu Anda ketahui.

Menurunkan suhu tubuh anak

Ketika anak mengalami cacar air, maka akan timbul efek demam. Namun tidak perlu cemas berlebihan, demam ini merupakan respon tubuh untuk melawan infeksi dan membunuh virus dan bakteri penyebab cacar.

Untuk menurunkan demam, Anda bisa memberikan obat penurun panas yang telah direkomendasikan oleh dokter atau cukup mengandalkan kompres.

Mengurangi rasa gatal-gatal

Selain demam, anak yang mengalami cacar umumnya akan merasa gatal-gatal pada bintik cacar tersebut. Jelas ini sangat membuat anak merasa tidak nyaman. Selalu awasi si kecil agar tidak menggaruknya karena dikhawatirkan akan meninggalkan luka dan menyebabkan infeksi kulit. Meski meredakan rasa gatal, garukan ini bisa jadi akan menimbulkan masalah baru di lain hari.

Untuk mengurangi rasa gatal akibat cacar air, Anda bisa memandikan si kecil dengan mandi oatmeal. Cara lainnya adalah dengan kompres air dingin.

Lakukan upaya pencegahan penyebaran virus

Perlu diketahui juga bahwa cacar air ini merupakan penyakit yang mudah menular. Meski bisa sembuh tanpa pengobatan khusus, Anda juga harus berupaya agar virus ini tidak menyebar sehingga tidak membuat orang lain tertular.

Seseorang akan tertular cacar apabila melakukan kontak dengan pasien cacar. Oleh karena itu, sebaiknya anak libur sekolah dulu sampai cacar airnya benar-benar sembuh. Saat di rumah, sebaiknya Anda juga tidak membiarkan anak bermain bersama teman-temannya supaya cacar tersebut tidak menular. Temani si kecil bermain supaya anak tidak bosan karena harus berada di dalam rumah terus-menerus.

Demikianlah beberapa cara mengatasi cacar air pada anak. Biasanya ketika anak masih kecil seperti ini sudah dibekali vaksin cacar, namun bukan tidak mungkin jika anak berpotensi mengalami cacar. Terlebih saat daya tahan tubuh anak melemah, dimana virus dan bakteri lebih mudah menyerang. Tetap jaga kesehatan anak dengan memberikan makanan penuh gizi dan nutrisi serta memastikan bahwa anak memiliki kualitas istirahat yang baik dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.


About admin

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *