Kiat-Kiat Melakukan Perawatan Bayi Baru Lahir Normal Bagi Orang Tua Baru

Perawatan bayi baru lahir normal memang tidak mudah dilakukan, apalagi bagi pasangan muda yang baru memiliki anak. Kelahiran si kecil adalah kebahagiaan, namun juga sangat menguras tenaga dan emosi. Kekhawatiran pun turut dirasakan karena belum berpengalaman merawat bayi. Diperlukan waktu untuk menyesuaikan diri agar bisa menjadi orang tua yang baik untuk anak.

Perawatan Bayi Baru Lahir Normal

Sejak awal kehamilan mungkin Anda dan pasangan sudah merencanakan banyak hal dan menyiapkan banyak keperluan untuk menyambut buah hati. Tapi lagi-lagi karena belum berpengalaman Anda tetap saja kikuk dan diliputi kecemasan saat bayi sudah lahir.

Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda dan pasangan lakukan untuk belajar memberikan perawatan bayi baru lahir normal.

Hilangkan rasa takut

Adalah wajar apabila Anda merasa khawatir dan cemas ketika merawat bayi. Tapi percayalah, Anda sudah dibekali dengan naluri seorang ibu untuk bisa merawat buah hati dengan baik. Tidak perlu merasa minder karena takut tidak bisa merawat bayi, Anda hanya butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan peran baru sebagai orang tua.

Untuk mencairkan suasana, Anda bisa mengajak pasangan untuk sama-sama menghilangkan kekhawatiran dengan bercanda bersama buah hati. Coba perhatikan betapa lucu dan menggemaskannya buah hati Anda. Selain itu, mulailah untuk belajar mengganti popok atau menenangkan bayi ketika bayi menangis. Seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa melakukan rutinitas tersebut.

Jalan-Jalan bersama bayi

Di pagi hari, bayi disarankan untuk dijemur agar mendapatkan matahari pagi. Nah, manfaatkan momen ini untuk sekaligus berjalan-jalan bersama si kecil. Tidak perlu takut dan mengurung diri, menghirup udara pagi yang menyegarkan akan membuat Anda semakin rileks dengan peran baru ini.

Lebih dari itu, bayi yang dibiasakan bertemu dengan banyak orang sejak kecil seperti ini kelak akan mudah bersosialisasi dengan lingkungan.

Prioritaskan bayi

Sebelum kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga, mungkin Anda adalah tipe orang yang rajin mengerjakan pekerjaan rumah. Tapi kini Anda adalah seorang ibu dan berkewajiban merawat si kecil. Oleh karena itu prioritaskan untuk merawat bayi dan sebaiknya pekerjaan rumah ditunda dulu. Menetapkan skala prioritas seperti ini akan membantu Anda agar tidak kelelahan ketika merawat bayi.

Jangan sungkan meminta bantuan

Melakukan perawatan bayi lahir ini hanya akan Anda lakukan sekali seumur hidup. Masa bayi anak Anda juga tidak akan terulang kembali. Itulah mengapa Anda disarankan untuk benar-benar 100 persen meluangkan banyak waktu untuk merawat, menjaga dan melindungi si kecil.

Sekalipun masih ada tanggung jawab lain, seperti membersihkan rumah, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga untuk membantu. Atau jika sedang lelah, Anda bisa bergantian dengan pasangan untuk menjaga si kecil.

Jaga kesehatan

Merawat bayi lahir bisa dibilang sangat menguras tenaga dan pikiran. Belum lagi Anda masih dalam tahap penyesuaian. Oleh karena itu tetap jaga kesehatan dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi.

Untuk menyiasati jam tidur, Anda bisa tidur ketika bayi sedang tidur. Ajaklah suami untuk bekerjasama menjaga si kecil sehingga Anda tetap bisa mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Demikianlah beberapa kiat-kiat yang dapat dilakukan ketika melakukan perawatan bayi baru lahir normal. Tetap nikmati masa-masa merepotkan ini, kelak saat bayi sudah besar, Anda akan merindukan momen yang mengharu-biru ini.


About admin

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *