Persiapan Jelang Persalinan, Mulai dari Reservasi Kamar Bersalin Hingga Biaya Melahirkan

Kehamilan adalah hal yang paling dinantikan oleh sepasang suami istri. Tapi, ketika mendekati HPL, yang ada justru rasa cemas dan khawatir. Rasa cemas dan khawatir ini wajar adanya, sebab proses persalinan adalah perjuangan antara hidup dan mati bagi seorang ibu dan si bayi. Jadi untuk meminimalisir kecemasan tersebut ada baiknya Anda mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan jelang persalinan, termasuk biaya melahirkan.

Biaya Melahirkan

Inilah persiapan jelang persalinan.

Memesan kamar bersalin

Sudah menentukan rumah sakit tempat Anda bersalin? Apabila belum, sebaiknya Anda segera melakukan reservasi kamar sehingga ketika HPL tiba tinggal menempati ruang tanpa harus ribet mengurus administrasi.

Reservasi kamar harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum HPL. Apalagi yang dipersiapkan bukan hanya kamar bersalin saja, jadi persiapannya pun harus dicicil. Memesan kamar bersalin jauh-jauh hari ini memungkinkan Anda mendapatkan potongan harga, lumayan kan?

Biaya melahirkan

Biaya melahirkan ini sifatnya relatif, beda tempat atau kota bisa jadi akan mematok harga yang berbeda satu sama lainnya. Itu artinya biaya melahirkan di Surabaya bisa jadi akan berbeda dengan biaya melahirkan di Jakarta. Hal ini adalah suatu hal yang umum, meski begitu harus tetap dipersiapkan dari awal supaya ketika HPL tiba Anda dan pasangan bisa fokus pada persalinan.

Biaya persalinan ini pun tidak murah, apalagi bagi ibu hamil yang akhirnya harus melahirkan secara caesar. Dimana biayanya lebih mahal daripada melahirkan secara normal. Mengingat biaya melahirkan ini tidak murah, jadi coba cek kembali uang tabungan Anda. Apakah cukup untuk menutupi biaya melahirkan atau sebaliknya. Jika belum cukup, Anda bisa mengajukan dana pinjaman.

Perlengkapan bayi

Belanja kebutuhan bayi juga perlu dilakukan minimal 2 bulan jelang kelahiran. Pada intinya jangan terlalu mepet berbelanja padahal HPL sudah di depan mata. Terlebih perlengkapan bayi yang dibutuhkan tidak sedikit, sehingga mengharuskan Anda untuk membelinya secara bertahap. Belum lagi Anda tidak boleh terlalu lelah atau banyak beraktivitas, jadi jangan sampai menghabiskan waktu satu hari penuh untuk berbelanja ya.

Perlengkapan calon ibu

Bukan hanya kebutuhan bayi yang harus dipersiapkan. Ibu juga membutuhkan beberapa perlengkapan, seperti pakaian untuk menyusui, apron, dan lainnya. Untuk itu buatlah daftar barang-barang yang dibutuhkan agar lebih mudah ketika membelinya.

Olahraga ringan

Saat persalinan dibutuhkan kondisi fisik dan mental yang fit. Ini bertujuan supaya persalinan dapat dilakukan dengan lancar dan normal. Lakukanlah olahraga ringan seperti senam hamil, jalan kecil, naik-turun tangga dan lainnya. Ini akan membuat ibu dan janin semakin kuat menghadapi hari persalinan.

Demikianlah beberapa persiapan yang harus dipenuhi jelang hari persalinan. Pastikan Anda tidak melewatkan persiapan inti di atas supaya Anda bisa melahirkan dengan tenang tanpa terbebani dengan hal lain.


About admin

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *